Selasa, 04 September 2018

12 Hal Penting Untuk Meningkatkan Kesehatan Anak


12 Hal Penting Yang Dapat Dilakukan Untuk Meningkatkan Kesehatan Anak



Hal yang penting dalam kehidupan manusia adalah kesehatan. Oleh karena itu semua orang menginginkan tubuh yang sehat. Sebagai orang tua kita wajib mengajarkan cara menjaga kesehatan tubuh pada anak sejak usia dini.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anak :

 

1.  Jadikan sarapan sebagai kegiatan wajib anak

Sarapan merupakan hal penting untuk kesehatan anak. Dengan sarapan, tubuh telah diberi asupan energi untuk melakukan aktivitas setiap hari. Oleh karena itu berikan sarapan yang sehat yang mencakup semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan. Contohnya adalah kentang rebus, telur rebus, buah, susu, dll.

   

2.  Berikan contoh yang baik untuk anak

 

 

Seringkali anak akan menirukan apa yang dilakukan orang tuanya atau orang di sekelilingnya. Oleh karena itu kita juga harus menerapkan pola hidup yang sehat, sehingga dapat menjadi contoh untuk anak.

 

 

 

 

3.  Mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik 

 

 

Ajaklah anak untuk melakukan aktivitas seperti bermain, olahraga, jalan-jalan santai, dll. Karena dengan melakukan aktivitas akan meningkatkan kebahagiaan anak dan menjadikan mereka anak yang aktif.






4.  Membiasakan anak untuk banyak meminum air putih 

Air putih dapat mencegah dehidrasi dan menghilangkan racun dalam tubuh kita. Oleh karena it biasakan anak untuk meminum air putih yang cukup setiap harinya. Air putih sangat menyehatkan bagi tubuh, karena alami tidak mengandung zat-zat berbahaya.




5.     Vaksinasi 

Agar anak terhindar dari berbagai macam penyakit, maka perlu dilakukannya vaksinasi. Tentunya gunakan vaksin yang sudah dianjurkan oleh dokter agar aman untuk anak. Lakukan vaksinasi sejak dini sebagai tindakan preventif.  






6.     Biasakan anak untuk rajin menyikat gigi

 

Biasakan anak untuk menyikat gigi 2x sehari untuk menjaga kebersihan  mulut dan mencegah kerusakan gigi. Rajin menyikat gigi merupakan kebiasaan yang baik yang harus diajarkan sejak dini.





7.     Batasi penggunaan gadget 

 

Apabila terlalu sering bermain gadget, bahkan menjadi kebiasaan sehari hari akan berdampak yang tidak baik pada anak. Dampak tersebut adalah anak akan malas untuk melakukan aktivitas fisik.




8.     Ajari anak untuk terbiasa mengkonsumsi sayuran dan buah 

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber nutrisi dan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak. Jika anak tidak dibiasakan mengkonsumsinya sejak kecil, sering kali anak menjadi tidak suka dengan sayuran dan buah-buahan.






9.     Jangan biasakan anak mengkonsumsi makanan berlemak tinggi  

Makanan berlemak tinggi seperti junk food sangat tidak baik untuk tubuh apabila terlalu sering mengkonsumsinya. Jadi jangan biasakan anak untuk mengkonsumsi junk food setiap hari. Karena makanan junk food dapat mengakibatkan obesitas atau penyakit berbahaya lainnya.




10.   Biasakan mencuci tangan


Salah satu tindakan untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan membiasakannya untuk mencuci tangan sebelum makan. Karena banyak sekali kuman yang berkumpul di tangan setelah melakukan berbagai macam aktifitas dan sentuhan tehadap benda.





11.   Ajak anak untuk selalu menjaga kebersihan 

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang sehat. Oleh karena itu biasakan anak sejak dini untuk menjaga kebersihan lingkungan. Jika anak sudah terbiasa sejak kecil, maka secara otomatis dia akan melakukannya hingga dewasa.






12.   Berikan anak suplemen/vitamin kesehatan 

 

Suplemen/ vitamin sangat penting untuk membantu menjaga asupan gizi dan kesehatan anak. Dengan pemberian suplemen daya tahan tubuh anak akan meningkat, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.



Sekian dan terima kasih.. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar