Senin, 03 September 2018

Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Gizi Anak Sejak Dini


Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Gizi Anak Sejak Dini



Menjaga kesehatan dan gizi anak sejak dini merupakan hal yang sangat penting agar perkembangan anak sehat, aktif, cerdas, dan kreatif sampai ia dewasa. Untuk mencapai dan mewujudkan hal tersebut, orang tua harus memperhatikan kesehatan dan asupan gizi anak setiap harinya. Pemenuhan gizi anak tidak hanya sejak dini bahkan sejak masih dalam kandungan. Hal itu sebagai awal mula untuk tahap perkembangan anak yang baik dan sehat.

 

Hubungan Gizi Dengan Kesehatan 

Jadi antara kesehatan dan gizi itu memiliki hubungan yang salin berkaitan. Inilah penjelasan hubungan kesehatan dan gizi anak.

Gizi adalah unsur-unsur yang terkandung di dalam makanan, dimana unsur-unsur tersebut memberikan manfaat secara langsung dalam tubuh serta dapat mempertahankan kehidupan.

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup secara sosial dan ekonomis. Kesehatan berpengaruh dalam proses perkembangan dan pertumbuhan tubuh anak. Jika badan anak sehat maka anak bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan lancar dan baik, dapat berfikir secara rasional, dan dapat berkonsentrasi dalam belajarnya. Kesehatan juga berpengaruh terhadap kecerdasan otak anak. Tidak hanya untuk setiap anak saja, semua orangpun memerlukan kesehatan.

Kesimpulannya adalah jika kebutuhan gizi badan kita terpenuhi setiap harinya, secara otomatis akan berdampak pada kesehatan badan.


Manfaat Gizi Bagi Anak

Pemenuhan gizi bagi anak usia dini sangatlah bermanfaat. Inilah manfaat gizi bagi anak usia dini :
1    
 

      Memelihara Kesehatan Anak


Gizi berkaitan dengan kesehatan anak dan masa perkembangan anak agar efektif. Dimana gizi tersebut akan membantu proses dan tahap perkembangan anak untuk menjaga kondisi kesehatan anak supaya terhindar dari berbagai macam penyakit. Gizi juga dapat meningkatkan daya pikir anak dan kecerdasan otaknya.

 

 

      Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak


Setiap hari anak melakukan berbagai macam aktivitas, seperti bermain, belajar, dan aktivitas lainnya yang bisa menguras tenaga lebih banyak sehingga merasa lebih lelah. Sehingga anak memerlukan asupan gizi lebih banyak untuk tetap menjaga kualitas kesehatannya agar menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit.


      Sumber Energi



Salah satu sumber energi tubuh anak adalah gizi. Asupan gizi yang baik dalam pola makan yang sehat dapat menggantikan energi yang terkuras setelah anak melakukan aktivitas.

 

 

 


          Merangsang sel otak 

 


Gizi sangat berpengaruh pada tahap pertumbuhan anak serta perkembangan otak anak.  Sel-sel pada otak anak harus berfungsi dengan baik untuk embantu menangkap dan mendaptkan pelajaran yang anak temui setiap harinya.  

 

Menambah berat badan anak




Proses gemuk badan anak dipengaruhi juga oleh asupan gizi setiap harinya. Apabila anak susah makan maka berat badannya susah bertambah karena asupan gizinya tidak terpenuhi. Dengan hal itu anak perlu asupan gizi lebih banyak untuk memudahkan penambahan berat badannya.  





Sekian dan terima kasih.. Semoga bemanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar